Berita

Overcrowading Kapasitas 700%, Program Perumahan Napi Jadi Angin Segar Lapas Kelas IIA Banjarmasin

BANJARMASIN, JARRAKPOSKALBAR.COM – Kondisi Lapas Kelas IIA Banjarmasin saat ini masih cukup mengkhawatirkan. Hal ini dikarenakan ada sebanyak 2.300 narapidana (napi) ditampung di lapas ini. Padahal, kapasitas lapas hanya mampu menampung maksimal 300 napi saja.

Sehingga jika dihitung, Lapas Kelas IIA Banjarmasin mengalami overkapasitas sebesar 700 persen. “Akhirnya narapidana pun harus tidur berdesak-desakan di dalam lapas,” kata Kepala Lapas Kelas II Banjarmasin Imam Setya saat ditemui, Senin (6/4/2020) siang.

Diakui Imam, Lapas yang ia pimpin merupakan lapas yang dihuni oleh napi terbanyak se Kalimantan. Bahkan bukan tidak mungkin, karena banyaknya napi yang ditampung, lapas ini masuk ke dalam rekor empat besar terpadat se Indonesia.

Menurut Imam, kendati ada upaya pengurangan napi sekitar 200 orang sebagai tindak lanjut dari instruksi Kemenkumham RI terkait pandemi Covid-19 di Indonesia, hal ini bukan berarti mampu mengurangi penghuni Lapas. Memang, tindakan ini masih membuat lapas tetap overkapasitas. “Saya menjadi Kalapas di sini baru Januari 2020 tadi.

Waktu saya masuk itu jumlah napinya mencapai 2.600 orang, jika keluar sekitar 280 orang keluar, berarti sisa 2.300-an napi,” jelas Imam.

Pembebasan untuk napi di Lapas Kelas IIA Banjarmasin ini dilakukan secara bertahap. Hingga Senin (6/4/2020) siang, total sebanyak 281 orang napi telah dibebaskan untuk dipulangkan ke rumahnya, dan diminta untuk tetap di rumah. “Hari pertama kita bebaskan dengan asimilasi ada 15 orang, hari kedua 77 orang, hari ketiga 84, hari keempat 64, dan hari ini 41 orang dan besok masih ada lagi,” ujar Imam.

Imam mengungkapkan, pihaknya kemungkinan akan melakukan pembebasan terhadap beberapa napi, sesuai dengan edaran Ditjenpas Kemenkumham RI. Yakni, pidana pendek yang sudah setengah atau masa pidananya 6 bulan atau kurang dari 6 bulan. 

Editor : Effendi | GR

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close